Rabu, Oktober 27, 2010

Menjelajahi Dunia Maya Yang Terang

Di dunia maya ini, kita bisa bebas sebebas-bebasnya buat ngapain aja. Dari browsing, chatting, downloading, blogging bahkan nipu-ing. heheh..Karena bebasnya di dunia maya ini bersifat tanpa batas, maka dunia maya dapat memberikan pengaruh yang berbahaya bagi penggunanya.


Untuk menjaga hal-hal tersebut agar tetap seimbang,ada beberapa tips sebagai berikut nih :

  1. Yang perlu dilakukan paling awal adalah membuat jadwal mengakses internet Dalam hal ini, kita disarankan untuk membuat jadwal yang wajar, sehingga tidak akan lalai pada kewajiban kita akan tugas-tugas yang lain
  2. Usahakan untuk selalu mencatat hal-hal atau informasi yang kan kita cari dan perlukan segera. Jangan mampir ke situs-situs yang sebenarnya tidak anda butuhkan infonya saat itu. Hal tersebut hanya akan mengalihkan konsentrasi dan memakan lebih banyak waktu lagi.
  3. Komunikasi dengan orang-orang di dunia nyata juga penting. Memang benar bahwa kita bisa berkomunikasi dengan manusia lewat internet dan bergabung dalam jejaring sosial. Tapi, hakikat sebagai makhluk sosial tak dapat dielakkan. Kita butuh waktu dimana kita bisa berkumpul dengan teman-teman dan orang-orang di sekitar kita untuk berbagi pengalaman, cerita dan banyak hal lainnya. Mengisolasi diri dari dunia luar dan berpikir bahwa bergaul bisa dilakukan lewat dunia maya semata akan menimbulkan stres berkepanjangan dan pada akhirnya mengganggu emosi kita.
  4. Untuk menambah keefektifan aktifitas kita dalam mencari informasi lewat internet, penggunaan software untuk mempercepat kinerja dan meningkatkan performa web broswer yang kita gunakan akan sangat disarankan.
  5. Jangan lupa untuk beristirahat selama minimal sepuluh menit untuk setiap satu jam berinternet. Jangan sampai menunggu badan terasa pegal. Sekali waktu, kita perlu menatap objek yang jauh untuk mencegah dampak yang membahayakan berupa stres otot lensa mata. Hal ini terjadi karena kontraksi lensa akibat terlalu lama berada didepan layar dalam waktu yang relatif lama.
Gunakan internet dengan bijak. Mulailah menggunakan internet yang menyehatkan dari sekarang. Selamat Mencoba :P