Rabu, Oktober 14, 2009

Metodologi Riset

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam merancang sebuah metodologi riset apabila objek riset tersebut berupa pengembangan sistem; sebagai berikut:

1. Analisa Objek Riset : yakni menganalisis obejek yang telah ada, guna mencari kekurangan yang terdapat pada objek tersebut, sehingga dalam pembangunan riset yang berikutnya, kita dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada saat ini. Dalam menganalisis obejek,
kita dapat melakukan observasi langsung pada objek yang akan kita perbaiki, mengumpulkan informasi-informasi yang berkaitan dengan objek tersebut sebagai bahan referensi objek yang akan kita bangun nantinya.

2. Langkah berikutnya adalah membuat suatu Model/Desain baru dari objek tersebut. Tujuan dari pembuatan model ini adalah, untuk menyempurnakan sistem yang kurang yang pada saat ini. pada tahap desain ini, kita harus benar-benar mengetahui kekurangan-kekurangan sistem yang sedang digunakan pada saat ini, kemudian kita mencoba untuk menutupi kekurangan-kekurangan tersebut dan menyempurnakan kekurangan-kekurangan tersebut.

3. Langkah ketiga adalah Pembangunan Sistem. Dimana pada tahap ini kita mulai membangun sistem baru yang telah kita rancang. Dalam proses pembangunan sistem, kita harus bertindak lebih teliti, agar tidak terjadi kesalahan pada sistem yang akan merusak kerja sistem yang ada saat ini. dalam pembangunan pengembangan sistem ini, kita tidak perlu membangun sistem yang telah ada. akan tetapi kita hanya perlu memperbaiki kekurangan dari sistem yang ada agar menjadi sempurna. pada proses pembangunan sistem ini, kita hanya menjelaskan cara kerja pembangunan sistem tersebut secara garis besar, akan tetapi harus terstruktur. kita tidak perlu menjelaskan secara detil proses tahapan pengerjaan sistem tersebut. akan tetapi kita lebih memfokuskan kepada struktur pembangunan yang sistematis. mulai dari tahap persiapan hingga tahap akhir dari pembangunan.

4. Terakhir adalah tahapan Pengujian / Evaluasi Sistem. Pada tahapan ini, kita menguji sistem yang telah kita bangun tersebut guna untuk menemukan kesalahan-kesalahan sistem tersebut agar dapat diperbaiki. dalam proses evaluasi ini, kita menguji apakah sistem yang telah kita bangun tersebut dapat bekerja dengan baik ataupun tidak. jika terdapat kesalahan-kesalahan dalam proses kerja sistem tersebut, maka perlu diadakan penge"check"kan dari sistem tersebut hingga kita menemukan kesalahan-kesalahan dari sistem tersebut. seteleh kesalahan-kesalahan tersebut ditemukan, kemudian kita memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam pembangunan sistem tersebut agar sistem tersebut dapat bekerja dengan baik.

Demikianlah langkah-langkah kerja metodologi riset dalam obejek pengembangan sistem, semoga langkah-langkah yang telah saya tulis tersebut dapat bermanfaat dan membantu anda dalam melakukan riset dengan objek yang serupa.saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan pada informasi yang telah saya paparkan diatas

Sekian, Terima Kasih